Kamis, 24 Februari 2011

PROSEDUR MENGHIDUPKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER

PROSEDUR MENGHIDUPKAN
1. Tekan tombol power pada CPU untuk menyalakan komputer
2. Tekan tombol power pada monitor untuk menyalakan monitor
3. Tunggu sampai proses booting selesai, hingga menampilkan dekstop Windows pada layar
PROSEDUR MEMATIKAN
1. Tutup semua program aplikasi yang masih aktif
2. Pilih start pada taksbar
3. Klik turn off computer/shut down
4. Kotak dialog akan muncul, lalu pilih/klik Turn off

JARINGAN EPITEL PADA HEWAN

   Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi permukaan organ atau tubuh, baik permukaan dalam maupun permukaan luar. Fungsi jaringan epitel pada permukaan tubuh untuk memberi perlindungen terhadap kerusakan mekanis, perlindungan dari masuknya mikroorganisme, menerima rangsang, mencegah penguapan air.

BENTUK-BENTUK SEL



MACAM-MACAM BENTUK
SEL TUMBUHAN
-Berbentuk persegi panjang, misalnya sel epidermis umbi lapis bawang merah.
-Berbentuk seperti batang, misalnya sel penyusun jaringan tiang (palisade) di daun
-Berbentuk tidak beraturan, misalnya sel penyusun jaringan bunga karang di daun
MACAM-MACAM BENTUK
SEL HEWAN
   Sel darah merah dan keping darah tidak mempunyai inti sel. Sel darah putih mempunyai lebih dari satu inti sel.
Berbentuk bikonkaf (cekung dua sisi), misalnya sel darah merah
Berbentuk tidak beraturan, misalnya sel darah putih
Berbentuk pipih, misalnya sel epitel di alveolus
Berbentuk kubus, misalnya sel epitel di ovarium
Berbentuk silinder, misalnya sel epitel di dinding lambung
Berbentuk gelendong (cakram), misalnya sel otot polos

PERBEDAAN SEL TUMBUHAN DAN SEL HEWAN


Sel Tumbuhan
1. Memiliki dinding sel dan membran sel
2. Umumnya memiliki plastida
3. Tidak memiliki lisosom
4. Tidak memiliki sentrosom
5. Timbunan zat berupa pati
6. Bentuk tetap
7. Memiliki vakuola ukuran besar, banyak

Sel Hewan
1. tidak memiliki dinding sel
2. tidak memiliki plastida
3. memiliki lisosom
4. memiliki sentrosom
5. timbunan zat berupa lemak dan glikogen
6. bentuk tidak tetap
7. pada hewan tertentu memiliki vakuola, ukuran kecil, sedikit


BAGIAN-BAGIAN SEL

   Bagian utama sel yaitu: selaput plasma (membran sel), sitoplasma, dan inti sel (nukleus). Selaput plasma merupakan selaput yang mnyelimuti sitoplasma. Fungsinya melindungi isi sel, mengontrol keluar masuknya zat dari dan ke dalam sel. Selaput plasma bersifat semipermeabel dan tersusun atas dua lapisan lipoprotein. Sitoplasma merupakan cairan kental yang di dalamnya terdapat partikel kecil yang disebut organel. Organel yang terdapat pada sitoplasma adalah mitokondria, sebagai tempat respirasi sel; ribosom, sebagai tempat pembentukan protein; badan Golgi, berfungsi untuk mengeluarkan kelebihan protein ke luar selaput plasma; retikulum endoplasma, berfungsi sebagai tembat pembentukan lemak dan menghubungkan inti sel sitoplasma. Nukleus pada umumnya terletak di tengah sel. Peran nukleus sangat penting, yaitu sebagai pusat pengatur kegiatan sel. Di dalam nukleus terdapat gen yang berfungsi sebagai pembawa siwat keturunan.

MACAM-MACAM SEL


   Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti
biologis. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Karena itulah,
sel dapat berfungsi secara autonom asalkan seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi.

   MACAM-MACAM SEL
   Berdasarkan ada tidaknya membrane inti, sel dibedakan menjadi sel prokariotik dan
sel eukariotik. Sel prokariotik adalah sel yang inti selnya tidak mempunyai membran
inti sehingga bahan inti selnya mnyebar di seluruh sitoplasma. Pada sel prokariotik,
sitoplasma tidak dapat dibedakan dari nukleoplasma. Sel prokariotik ditemukan pada
anggota Kingdom Monera. Sel eukariotik ditemukan pada anggota Kingdom Protista,
Fungi, Plantae, dan Animalia.

Rabu, 23 Februari 2011

MEMBACA INTENSIF

   Membaca intensif merupakan cara membaca yang dilakukan secara saksama terhadap rincian-rincian suatu teks atau bacaan. Di dalam sebuah bacaan terdiri atas beberapa paragraf. Paragraf-paragraf tersebut saling mendukung dalam menjelasskan suatu tema.
   Paragraf adalah rangkaian kalimat yang disusun secara sistematis dan logis sehingga membentuk aturan kessatuan pokok bahasan. Dalam sebuah paragraf biasanya terdapat satu gagasan utama dan beberapa gagasan penjelas. Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan paragraf. Gagasan utama dalam suatu bacaan merupakan suatu hal yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan. Sedangkan gagasan penjelas adalah gagasan yang perannya menjelaskan gagasan utama.

TATA CARA BERTELEPON

1. Ucapkan salam pembuka seperti halo, assalamualaikum, selamat siang dan yang semacam itu.
2. Sebutkan nama dan tujuan kita menelepon, misalnya Halo, selamat pagi, saya Santi. Bisa bicara dengan Yenny?
3. Dalam melakukan pembicaraan, lakukan dengan menggunakan kata-kata hemat, tetapi jelass dan mudah dipahami.
4. Gunakan kata-kata dan bahasa yang santun, apalagi jika yang dituju adalah orang yang lebih tua.
5. Akhiri pembicaraan dengan ucapan terima kasih. Boleh juga ditambah dengan salam, seperti assalamualaikum, selamat sore, dan semacam itu.

WAWANCARA

   Wawancara merupakan salah satu teknik yang dilakukan untuk mendapatkan data atau informasi mengenai sesuatu yang berhubungan dengan apa yang kita butuhkan. Wawancara memiliki arti yaitu proses tanya jawab untuk mendapatkan informasi mengenai suatu hal dari orang lain yang menjadi narasumber.
   Agar kita dapat menyimpulkan pikiran atau pendapat narasumber berdasarkan wawancara yang kita dengar, tentu saja hal utama yang harus kita lakukan adalah mendengarkan pendapat narasumber dengan cermat.
   Sebelum menyimpulkan apa yang disampaikan narasumber dalam waawancara, maka kita perlu mengetahui pokok-pokok penting dalam wawancara tersebut. Pokok-pokok tersebut nantinya dapat kita jadikan acuan untuk menarik sebuah kessimpulan. Kegiatan wawancara melibatkan 2 orang, yaitu narasumber (orang yang memberikan informasi atau yang diwawancarai) dan pewawancara (orang yang mewawancarai atau orang yang mencari informasi)

BENTUK BAKU (SCIENTIFIC NOTATIONS)


1. Menuliskan bilangan lebih dari 10 dalam bentuk baku
    a x 10n >>> dengan n adalah (E)lemen asli
                         1 <sama dengan < 10
Contoh:
  1. 100 = 1 x 102                         5. 30.000 = 3 x 104
  2. 1000 = 1 x 103                       6. 45 = 4,5 x 101
  3. 1000000 = 1 x 106                 7. 450 = 4,5 x 102
  4. 30 = 3 x 101                           8. 450000 = 4,5 x 105

2. Menuliskan bilangan-bilangan antara 0 dan 1 dalam bentuk baku

PERKALIAN BILANGAN DESIMAL

1. Kalikan masing-masing bilangan berikut dengan 10, 100, dan 1000 !!!
     a. 0,04 x 10 = 0,4
         0,04 x 100 = 4
         0,04 x 1000 = 40
     b. 6,85 x 10 = 68,5
         6,85 x 100 = 685
         68,5 x 1000 = 6850
     c. 12,85 x 10 = 128,5
         12,85 x 100 = 1285
         12,85 x 1000 = 12850
     d. 0,0082 x 10 = 0,082
         0,0082 x 100 = 0,82
         0,0082 x 1000 = 8,2
2. Kalikan masing-masing bilangan berikut dengan 3, 30, dan 3000 !!
    a. 2,8 x 3 = 8,4
        2,8 x 30 = 84
        2,8 x 3000 = 8400
    b. 3,75 x 3 = 11,25
        3,75 x 30 = 112,5
        3,75 x 3000 = 11250
    c. 0,087 x 3 = 0,261
        0,087 x 30 = 2,61
        0,087 x 3000 = 261
    d. 0,0052 x 3 = 0,0156
        0,0052 x 30 = 0,156
        0,0052 x 3000 = 15,6

PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN DESIMAL

PENJUMLAHAN
1. 6,95 + 7,39 = 14,34
2. 17,84 + 5,92 = 23,76
3. 3, 54 + 13,27 + 0,08 = 16,89
4. 164,3 + 164,08 = 328,38
PENGURANGAN
1. 32,196 + 28,385 = 3,811
2. 13,56 + 2,973 = 10,587
PEJUMLAHAN DAN PENGURANGAN
1. 8,35 + 2,96 - 4,79 = 6,52
2. 0,634 + 0,791 - 0,388 = 1,037

BILANGAN BULAT

Nyatakan bilangan-bilangan berikut dalam bentuk decimal
1. 1/10 = 0,1
2. 7 7/10 = 77/10 = 7,7
3. 5/10 = 0,5
4. 3 9/1000 = 3009/1000 = 3,009
5. 1 9/10 = 19/10 = 1,9
6. 2/8 = 0,25

SIFAT-SIFAT PEMBAGIAN PADA BILANGAN BULAT

1. UNSUR IDENTITAS
    Unsur identitas adalah 1 = a:1 = a
                                                 -5:1 = -5
2. PEMBAGIAN BILANGAN DENGAN O
    Pembagian bilangan dengan 0 hasilnya tidak didefinisikan

SIFAT-SIFAT PERKALIAN PADA BILANGAN BULAT

1. KOMUTATIF
    axb =bxa
    2x3 = 3x2
2. ASOSIATIF
    (axb)xc = ax(bxc)
    (2x3)x5 = 2x(3x5)
3. DISTRIBUTIF
    a(b+c) = ab+ac
    a(b-c) = ab-ac
4. TERTUTUP
    axb = c
    a, b, c adalah bilangan bulat
5. UNSUR IDEENTITAS
    Unsur identitas adalah 1 = 2x1 = 2
                                                1x(-10) = -10
6. PERKALIAN BILANGAN DENGAN 0
    Perkalian bilangan dengan 0 hasilnya selalu 0

SIFAT-SIFAT PENGURANGAN PADA BILANGAN BULAT

1. TERTUTUP
    a-b = c
    a, b, c adalah bilangan bulat
2. UNSUR IDENTITAS
    Unsur identitas adalah adalah 0 = 0-1 = -1
                                                            1-0 = 1

SIFAT-SIFAT PENJUMLAHAN PADA BILANGAN BULAT

1. KOMUTATIF
    a+b = b+a
    2+3 = 3+2
2. ASIOSATIF
    (a+b)+c = a+(b+c)
    (2+3)+5 = 2+(3+5)
3. TERTUTUP
    a+b = c
    a, b, c adalah bilangan bulat
4. UNSUR IDENTITAS
    Unsur identitas adalah 0 = 2+o = 2
                                                0+(-1) = -1
   

MACAM-MACAM BILANGAN

1. Bilangan bulat:..., -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3,...
2. Bilangan cacah:0, 1, 2, 3, 4, 5, ...
3. Bilangan asli:1, 2, 3, 4,...
4. Bilangan prima:2, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 17, 19,... 
5. Bilangan genap:2, 4, 6, 8, 10,...
6. Bilangan ganjil:1, 3, 5, 7, 9,...
7. Bilangan rasional:1/2, 3/4, 2, 3, 4,... 

LIKE AND DISLIKE

 LIKE
1. Love (cinta)
2. Enjoy (menikmati)
3. Glad
4. Happy (senang)
5. Proud (bangga)
6. Excited (menggembirakan)
7. Delighted (nikmat)
8. Keen on
DISLIKE
1. Hate (benci)
2. Can't staned (tidak betah)
3. Can't bear
4. Fed up with (muak)
5. Not like (tidak suka)
6. Dislike

Rabu, 16 Februari 2011

TABEL DAN GRAFIK


Tabel jenis ekstrakulikuler yang disukai siswa kelas VII “SMPN 1 Yosowilangun” tahun 2011


No.
Ekstrakulikuler
Jumlah anak
1
Pramuka
200
2
Bola basket
15
3
Bola voli
12
4
Menari
4
NARASI
      Pada umumnya setiap siswa mempunyai kegemaran yang berbeda-beda . Seperti contoh diatas adalah kegemaran siswa-siswi yang berada di SMPN 1 YOSOWILANGUN. Anak yang mengikuti ekstrakulikuler pramuka sebanyak 200 anak.Siswa yang mengikuti ekstrakulikuler bola basket sebanyak 15 anak . Dan anak yang mengikuti ekstrakulikuler bola voli sebanyak 12 anak . Sedangkan siswa yang mengikuti ekstrakulikuler menari sebanyak 4 anak . Dari tabel diatas terbukti bahwa anak yang mengikuti ekstrakulikuler pramuka lebih banyak dikarenakan bahwa ekstrakulikuler pramuka di SMPN 1 YOSOWILANGUN diwajibkan.
PERTANYAAN 5W+1H
What  : Ektrakulikuler apakah yang banyak disukai kelas VII “SMPN 1 Yosowilangun"?
Who  : Siapa yang menyukai ekstrakulikuler pada table di atas?
When  : Kapan kegiatan diatas dilakukan?
Why  : Mengapa siswa kelas VII “SMPN 1 Yosowilangun” tidak menyukai menari?
How  : Bagaimanakah keadaan jumlah anak yang menyukai bola basket?

Senin, 14 Februari 2011

K3

1. Etika dan moral dalam menggunakan TIK
2. Kesehatan dan keselamatan kerja
        Etika atau filsafat moral
Konsep dasar nilai-nilai baik, buruk seharusnya benar, salah, serta prinsip umum yang membenarkan untuk menerapkan prinsip tersebut.
TIK-Teknologi
Televisi
HP
Komputer
  Pembajakan karya ilmiah
  Pembajakan karya seni
K3
-Menjaga K3
-Memakai komputer sesuai dengan prosedur
-Menjaga kesehatan dan keselamatan kerja
   - Posisi duduk
   - Mengatur jarak pandang

PERANAN DAN DAMPAK NEGATIF TIK

Peranan TIK
Kehidupan sehari-hari
Dalam bidang pendidikan(Education)
Dalam bidang pemerintah(Joverment)
Dalam bidang keuangan(Commerce)
Dalam bidang perbankan(Bank)
   Perawatan
Book
Go.gov
co.com
DAMPAK NEGATIF
Pornografi, tayangan kekerasan, penipuan, perjudian, ketergantungan, carding, dll
PENCEGAHAN
- Pemebrian sanksi yang berat bagi yang melanggar
-Penegakan fungsi hukum
-Menghindari penggunaan alat TIK yang berlebihan

SEJARAH KOMPUTER

1. Komputer genarasi 1 tahun 1946 sampai 1959
2. Komputer generasi 2 tahun 1959 sampai 1965
3. Komputer generasi 3 tahun 1965 sampai 1970
4. Komputer generasi 4 tahun 1970
5. Komputer generasi 5

Komputer generasi 4 tahun 1970 terdiri dari LSI dan VLSI
CPU - Prossecor
PC
LCD
           iPOD
          Palm
          Smart Phone
          Internet

MEDIA JARINGAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI B

MEDIA JARINGAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Media jaringan : - kabel
                            - tanpa kabel (nirkabel)
Tugas!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
1. Jelaskan perbedaan antara TIK dan komputer
    TIK = Teknologi yang menyertai proses komunikasi untuk menyampaikan informasi.
    Komputer =  Suatu alat untuk memanipulasi dan mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan.
2. Sebutkan 7 contoh peralatan TIK daan funsinya!

- Komputer : untuk mengirim, menerima, mengoleh, dan menyimpan informasi
- Faximili : untuk mengirim/menerima informasi berupa tulisan/gambar ke faximili
- Radio : untuk menerima informasi berupa suara/sinyal

MENGENAL TIK

Definisi dari TIK
Teknologi yang menyertai proses komunikasi untuk menyampaikan informasi.
Definisi dari komputer
Suatu alat untuk memanipulasi dan mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan.
Sebutkan fungsi dari :
a. TV
Untuk menerima informasi berupa gambar dan suara yang dapat menerima transmisi gambar dan suara secara langsung(real-time)
b. E-mail
Untuk mengirim atau menerima surat secara elektronik(menggunakan listrik)
c. Internet
Kumpulan dari beberapa komputer yang terkoneksi(terhubung)
d. Satelit
Menerima sinyal, kemudian sinyal dipancarkan kembali ke bumi dalam jangkauan yang luas


KARYA SASTRA

KARYA SASTRA
Karya sastra adalah hasil cipta,rasa, dan karsa manusia yang berwujud seni
Contoh karya sastra: -Puisi
                                    -Prosa (karangan yang berbentuk cerita)
                                    -drama
Puisi: -Puisi lama
          -Puisi baru
Puisi lama: -Pantun
                   -Syair
Macam-macam puisi baru:
1. Balada 
    puisi berisi kisah/cerita
2. Himne 
    puisi pujaan untuk Tuhan,tanah air, dan pahlawan
3. Ode 
    puisi sanjungan untuk orang yang berjasa
4. Epigram 
    puisi yang berisi tuntunan/ajaran hidup
5. Romance 
    berisi luapan perasaan cinta kasih
6. Elegi 
    berisi ratap tangis/kesedihan
7. Satire 
    berisi sindiran/kritik
ciri-ciri pantun:
  1. Terdiri dari 4 baris
  2. Baris 1 & 2 sampiran
  3. Baris 3 & 4 isi
  4. Bersajak a-b-a-b
  5. Setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata
CIRI-CIRI SYAIR
  1. Terdiri dari
 


CIRI-CIRI DAN MACAM-MACAM PARAGRAF

CIRI-CIRI PARAGRAF 
1. Terdiri dari beberapa kalimat
2. Pada awal paragraf tulisannya agak menjorok ke dalam 
3. Disusun secara sistematis
4. Awal kalimat menggunakan huruf kapital
MACAM-MACAM PARAGRAF
1. Paragraf Deduktif
2. Paragraf Induktif
3. Paragraf Variatif/Campuran
4. Paragraf Diskriptif

DENOTASI DAN KONOTASI

Denotasi adalah makna sebenarnya
Contoh: 1. Kambing hitam
                  Peternak mempunyai kambing berwarna hitam
Konotasi adalah makna kiasan
contoh: 2. Gulung tikar
                 Pedagang itu sedang gulung tikar

ASPEK KETERAMPILAN BERBAHASA

1. Mendengarkan/menyimak
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis

PROHIBITION

PROHIBITION (LARANGAN)
Don’t + V1
Don’t + Be + TPS
No + V + ing
Ex: Don’t lean of
       It means : not allowed
      Conclude :not permit
“Don’t smoke here”
     What does it mean?
     No smoking
We must not smoke here
We are not permited to smoke here
      Ex:
      Dilla Don’t enter garage, Mom?
      Mother Oh,why? Dear?
      Dilla Because the door is under construction
      Mother Thank’s very much, Dear?
      Dilla That’s all right

ASKING SOMEONE TO DO SOMETHING DAN DIALOGUE

                   ASKING SOMEONE TO DO SOMETHING
Could you
Can you
Would you
                               DIALOGUE
Karni Good evening,Ninik?
Ninik Good evening, Karni?
Karni Could you accompany me?
Ninik Where do you go?
Karni I want to go to a movie
Ninik I am so sorry, because I will go to beach
Karni Please dont be sorry

KATA KERJA BANTU

(+) She does her homework
(?) Does she do her homework
(-) She does not do her homework
       (+) I go to Jember everyweek
       (?) Do you go to Jember everyweek?
       (-) I do not go to Jember everyweek

TOBE & POSITIF NEGATIF

S + Tobe1 + Tempat (Adverb)
Pekerjaan (Noun)
Sifat (Adjective)
She, he, it
I am + TPS
You,they,we,are are


(+) She has much money
(?) Does she have much money
(-) She doesen’t have much money
   (+) She is a nurse
   (?) Is she a nurse
   (-) She is not a nurse
       (+) She stidied hard
       (?) Does she study hard?
        (-) She does not study hard
   This is
   These are
   That is
   Those are

PERANGKAT-PERANGKAT KOMPUTER



Perangkat-Perangkat Komputer
1. Hardware (perangkat keras)
2. Software (perangkat lunak)
3. Brainware (pengguna komputer)

Tugas!!!!!!!!!!!!!
1. Tuliskan perangkat-perangkat komputer!
    Hardware(perangkat keras)
    Software(perangkat lunak)
2. Pilahkan perangkat komputer menjadi 3 bagian, yaitu :
    a. Keyboard, mouse, joystick, mic, track ball
    b. CPU, motherboard, VGA Card, slot ekspansi
    c. Monitor, Printer, LCD, speaker, provector
Perangkat:
  1. Monitor
  2. Motherboard
  3. CPU (Microprossesor)
  4. Memori utama (RAM)
  5.  Card tambahan, misalnya VGA Card
  6. Power supply
  7. CD/DVD-ROM/RW
  8. Hard disk
  9. Keyboard
  10. Mouse 
  11. YENNY

SEJARAH PERKEMBANGAN TIK

Penggolongan Komputer
  1. Besar (mainframe)
  2. Sedang (minicomputer)
  3. Kecil ([PC] Personal Computer)
  4. Portable 
Berdasarkan data yang diolah
1. Analog
2. Digital
3. Hibrid


Bagian-Bagian Komputer
Input > Proses > Output > Origination > Distribution > Memory
Proses pemasukan dari input dan pengeluaran dari output disebul EDP (Elektronik Data Prossesing)

Selasa, 08 Februari 2011

MEDIA JARINGAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI




MEDIA JARINGAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Media jaringan : - kabel
                            - tanpa kabel (nirkabel)

Tugas!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
1. Jelaskan perbedaan antara TIK dan komputer
    TIK = Teknologi yang menyertai proses komunikasi untuk menyampaikan informasi.
    Komputer =  Suatu alat untuk memanipulasi dan mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan.
2. Sebutkan 7 contoh peralatan TIK daan funsinya!

- Komputer : untuk mengirim, menerima, mengoleh, dan menyimpan informasi
- Faximili : untuk mengirim/menerima informasi berupa tulisan/gambar ke faximili
- Radio : untuk menerima informasi berupa suara/sinyal