Jumat, 29 Juli 2011

FAKTOR YANG MENDORONG PENJELAJAHAN SAMUDRA

Faktor yang mendorong penjelajahan Samudra :




 1.Kisah perjalanan Marcopolo (1254-1324) seorang pedagang dari Venesia, Italia ke Cina yang dituangkan dalam buku “Book of Various Experiences”mengkisahkan tentang kejaiban dunia atau Imago mundi.

2.    Jatuhnya Konstantinopel, Ibukota Romawi Timur ke tangan kesultanan Turki tahun 1453 menyebabkan terputusnya hubungan dagang ke dunia Timur. Bangsa Barat berusaha mencari jalan sendiri ke pusat rempah-rempah di Asia.

(Konstantinopel)


3.    Adanya semangat penaklukan (Reconquesta) terhadap orang-orang yang beragama Islam serta membuat daerah-daerah kekuasaan yang dimiliki kerajaan-kerajaan Islam tersebut. Semangat penaklukan ini misalnya dilakukan oleh
Spanyol – Ratu Isabella membiayai penjelajahan Samudra Columbus tahun 1492 untuk mencari jalan ke “Barat”.



4.  Berkembangnya teknik pelayaran dan penemuan kompas. Kompas dapat berfungsi menentukan arah dan posisi laut. Mereka menciptakan kapal yang lebih mudah dan lebih cepat digerakkan dengan memperbaiki konstruksi kapal serta memadukan layar yang berbentuk segi tiga dengan tali temali persegi.


5. Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo-Galilei menyatakan bahwa bumi ini bulat. Pendapat ini memperkuat keberanian para pelaut karena orang yang berlayar ke dunia Timur tidak akan tersesat. Semakin ke Timur akan sampai ke tempat semula.

(Copernicus)

6. Adanya keinginan untuk mengetahui lebih jauh mengenai rahasialam semesta, keadaan geografi dan bangsa-bangsa yang tinggal di belahan bumi lain.


7. Ingin memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.

19 komentar:

  1. Thank you so much

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. TERIMA KASIH BUAT LO SEMUA YANG UDH KOMEN

    BalasHapus
  4. CHATAN DI WHATSAPP MEMANGLAH TYDACK EPIC,



    TAPI PERNAH GA SI LOH CHATAN DI WEBSITE ORANG

    BalasHapus